Rabu, 18 Oktober 2017

Tips Agar Rajin Menulis di Blog

Sudah sering terjadi, memiliki blog pribadi rencana untuk ini dan itu. Tapi pada kenyataannya, blog yang sudah dibuat susah payah kosong melompong.
Berbagai alasan dikemukakan tapi satu muaranya, malas.

Saya ada tips menulis agar tidak malas mengisi blog dengan tulisan.

1. Tanyakan apa motivasimu membuat blog, jika hanya sekedar coba-coba lebih baik berhenti membaca tips ini sekarang. Percuma.
Jika memiliki satu motivasi, kalian bisa tambahkan sebanyak-banyaknya. Agar saat motivasi pertama gugur, masih banyak motivasi yang bisa kalian gunakan untuk menulis. Tere Liye mengatakan, dia memiliki 99 motivasi dalam menulis agar saat satu gugur, dia masih ada 98 yang lain. Gunakan ini untuk mendorongmu menulis di blog kamu.(Tere Liye, Jumpa Penulis 15 Oktober 2017)

2. Jika motivasi sudah kamu miliki, mantapkan niatmu untuk menulis di blog. Niatkan menulis sebagai ibadah, yaitu menyebarkan manfaat bagi orang lain dan blog adalah salah satu sarananya agar orang lain secara luas bisa membacanya. Jadi tulisanmu dapat menjadi amal jariyah yang akan menolongmu di akherat kelak.

3. Tulislah apa yang menjadi minat kamu, agar bisa rutin menulis tanpa kesulitan. Jika suka berbagi resep dan fotografi isilah dengan hal itu, atau jalan-jalan. Tulislah pengalaman traveling kamu di situ. Bahkan kalau menyukai semua, tidak masalah untuk membuat blog kanu semacam gado-gado. Seiring berjalannya waktu, saat sudah bisa konsisten dan tulisanmu banyak, kamu bisa membuat beberapa blog dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kategori tulisanmu.

4. Sering melakukan blog walking dan tinggalkan komen juga link tulisanmu agar mendapat banyak kunjungan, terutama dapat teman. Karena semakin banyak kamu berinteraksi dan mendapat kunjungan, kamu akan semakin bersemangat menulis di blog kamu.

5. Jangan kamu mati sebelum menulis, meskipun hanya satu tulisan, karena dengan menulis kamu sudah menorehkan sejarah, minimal dalam hidupmu. Memberikan kenangan dan warisan bagi anak cucumu kelak. (Helvy Tiana Rosa, Jumpa Penulis 15 Oktober 2017)

Itu dulu tips dari saya. Selamat mencoba dan mulailah menebar manfaat bagi sesama.
Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Selamat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar